Windows Error_”Generic Host Process for Win32 Services………”

Pernah gak anda mengalami kejadian seperti yg saya alami dan juga terjadi di beberapa komputer teman2 kantor saya…??

Peristiwanya adalah ketika kita sedang asyik2nya browsing internet .. ehh.. tau-tau komputer hang… dengan muncul pesan error “Generic Host Process for Win32 Service has encountered a problem and needs to close. We are sorry for the inconvenience.” dengan pilihan “Send Error Report” dan “Don’t Send”. Karena komputer hang, maka hal yg umum dilakukan adalah dengan melakukan reset/booting. Tapi, celakanya pesan error akan muncul lagi dengan frekuensi yang sangat menganggu.

Filling saya ini pasti gejala virus, dan kejadiannya hampir bersamaan di komputer jaringan kantor sehingga mungkin juga ini adalah virus jaringan.

Setelah mencoba dilakukan proses scanning dengan menggunakan beberapa antivirus ternyata tidak terdeteksi adanya virus.

selidik punya selidik.. dan googling di internet, ternyata penyebabnya adalah adanya celah keamanan RPC Dcom. Sebenarnya di Windows XP SP2 yg saya pakai sudah terdapat update celah keamanan RPC Dcom MS04-012 yg merupakan penyempurnaan dari MS03-039, tetapi mungkin belum sempurna. Efeknya salah satunya adalah banyaknya keluhan “Generic Host Process for Win32 services….”.

“Generic Host Process……” dapat diatasi dengan melakukan blok pada port 445 (Server Message Block) dan port 135 (Port Dcom). Akan tetapi, cara inipun ternyata juga menimbulkan masalah baru, yaitu komputer akan mengalami gangguan akses pada jaringan, seperti tidak bisa file sharing, printer sharing…

Solusi yang paling aman adalah dengan melakukan patching menggunakan update windows yang disediakan oleh microsoft. Setelah beberapa kali melakukan pencarian patch, saya menemukan patch windows dengan kode : WindowsXP-KB894391-x86-ENU.exe
Setelah dilakukan instalasi patch dilanjutkan dengan restart komputer, alhamdulillah komputer kembali normal.

Download WindowsXP-KB894391-x86-ENU.exe dapat diambil di http://support.microsoft.com/kb/894391

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: