RPP SD IPA Kls II Smt II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SATUAN PENDIDIKAN       : Sekolah Dasar (SD)

MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

KELAS / SEMESTER : II (Dua) / II (Dua)

ALOKASI WAKTU                : 2 x 35 menit  (1 x pertemuman)

STANDAR KOMPETENSI

Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.

KOMPETENSI DASAR

Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada dilingkungan sekitar.

INDIKATOR

–          Menyebutkan sumber energi utama di bumi

–          Menyebutkan alat-alat yang dapat menghasilkan energi.

  1. I. TUJUAN PEMBELAJARAN

–                     Siswa dapat menyebutkan sumber energi utama di bumi

–                     Siswa dapat menuyebutkan alat-alat yang dapat menghasilkan energi

  1. II. MATERI POKOK :

–         Arti energi

–         Macam-macam sumber energi

  1. III. METODE PEMBELAJARAN

–         Ceramah bervariasi

–         Tanya jawab

–         Peragaan

–         Penugasan

  1. IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
    1. Kegiatan Awal (5 manit)

–         Guru menciptakan sikap dan suasana kelas yang menyenangkan

–         Guru menyampaikan apresepi dengan Tanya jawab tentang sumber energi

  1. Kegiatan Inti (55menit)

–         Guru membimbing Tanya jawab tentang macam-macam sumber energi yang ada dibumi

–         Guru menjelaskan perbedaan-perbedaan sumber-sumber energi di bumi.

–         Tanya jawab tentang alat rumah tangga yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya.

–         Siswa mendengarkan dengan seksama pembahasan dan penjelasan guru.

  1. Kegiatan akhir (10 menit)

–         Siswa membuat kesimpulan dan rangkuman dengan bimbingan guru

–         Guru memberikan lembar evaluasi kepada siswa

  1. V. ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

–            Alat dan bahan      :    Benda-benda yang mengalami perubahan energi

–            Sumber                 :    Buku sains 2 untuk kelas II

  1. VI. PENILAIAN

–         Jenis test                 : Tertulis

–         Bentuk test             : Isian

–         Alat test                  :

Kelompokkan benda tersebut berdasarkan energi yang dihasilkan!

Penghasil Panas Penghasil Bunyi Penghasil Cahaya
S__TR__ __A T__L__V__ __I M__ __A__ __R__
K__ __P__ __ T__ __P __ __ L__MP__
C__ __M __ __ S__D__ __ P__TR__ __ __KS
M__ __A__ __R__ J__ __ __S__ __T__R
O__ __ __N TE__ __ M__ __T L__L__ __

–    Kunci jawaban

Penghasil Panas Penghasil Bunyi Penghasil Cahaya
SETRIKA TELEVISI MATAHARI
KOMPOR TELPON LAMPU
COSMOS RADIO PATROMAKS
MATAHARI JAM SENTER
OVEN TEROMPET LILIN

–         Kriteria penilaian

  1. Jumlah soal ada 5
  2. Setiap soal diberi skor 2
  3. Skor maksimal 5 x 2 = 10
  4. Nilai = Skor Perolehan x 100 = ….

Skor Maksimal

Mengatahui                                                         ………………………..

Kepala Sekolah                                                   Guru Kelas / Mata Pelajaran

………………………… ………………………

NIP. ………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SATUAN PENDIDIKAN       : Sekolah Dasar (SD)

MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

KELAS / SEMESTER : II (Dua) / II (Dua)

ALOKASI WAKTU                : 2 x 35 menit  (1 x Pertemuman)

STANDAR KOMPETENSI

Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.

KOMPETENSI DASAR

Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada dilingkungan sekitar.

INDIKATOR

Mendemonstarikan alat-alat penghasil energi untuk membantu kegiatan manusia.

  1. I. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat mendemonstrasikan alat-alat penghasil energi untuk membantu kegiatan manusia.

  1. II. MATERI POKOK :

Alat-alat penghasil energi

  1. III. METODE PEMBELAJARAN

–         Ceramah bervariasi

–         Tanya jawab

–         Peragaan

–         Penugasan

  1. IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
    1. Kegiatan Awal (5 manit)

–         Guru menciptakan sikap dan suasana kelas yang menyenangkan

–         Guru menyampaikan apresepi dengan Tanya jawab tentang alat-alat rumah tangga yang mengalami perubahan panas, bunyi, cahaya.

  1. Kegiatan Inti (55 menit)

–         Guru membimbing Tanya jawab tentang berbagai sumber energi yang ada di bumi.

–         Siswa menggambar perubahan energi yang terjadi pada benda-benda di bumi.

–         Siswa melakukan percobaan dengan menancapkan stopkontak sertika listrik, menyalakan televisi atau radio dengan bimbingan guru.

–         Siswa melakukan diskusi tentang perubahan energi yang terjadi pada alat-alat rumah tangga dengan bimbingan guru.

  1. Kegiatan akhir (10 menit)

–         Siswa membuat kesimpulan dan rangkuman dengan bimbingan guru

–         Guru memberikan lembar evaluasi kepada siswa

  1. V. ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

–            Alat dan bahan      :    Benda-benda yang mengalami perubahan energi

–            Sumber                 :    Buku sains 2 untuk kelas II

  1. VI. PENILAIAN

–         Jenis test                 : Tertulis

–         Bentuk test             : Isian

–         Alat test                  :

Coba amati benda seperti gambar berikut, menghasilkan panas, bunyi atau cahaya

1.

2.

3.                             4.

5

–      Kunci Jawaban

  1. Setrika menghasilkan panas
  2. Televisi menghasilkan bunyi
  3. Kompor menghasilkan panas
  4. Lampu menghasilkan cahaya
  5. Jam beker menghasilkan bunyi

–         Kriteria penilaian

  1. Jumlah soal ada 5
  2. Setiap soal diberi skor 2
  3. Skor maksimal 5 x 2 = 10
  4. Nilai = Skor Perolehan x 100 = ….

Skor Maksimal

Mengatahui ………………………..

Kepala Sekolah                                                   Guru Kelas / Mata Pelajaran

………………………… ………………………

NIP. ………………

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: