RPP SD IPA IPS Kls IV Smt II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran                         : IPA

Kelas / Semester                      : IV Empat / II (Dua)

Hari, Tanggal                            : Rabu, 01 April 2009

Alokasi Waktu                         : 1 x 35 menit

Standar Kompetensi                :    Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup

Kompetensi Dasar                   :    Menunjukan Kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing

Indikator                                  :    Mengidentifikasi cara merawat dan memelihata hewan peliharaan

  1. I. TUJUAN PEMBELAJARAN
    1. Melalui Tanya jawab siswa dapat mengetahui bagaimana cara merawat hewan peliharaan dengan baik
  1. II. Materi / Bahan Ajar :

Hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya


  1. III. METODE :
    1. Tanya Jawab
    2. Demontrasi
    3. Latihan soal
  1. IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
    1. Kegiatan awal (5 menit)

–         Berdo’a mengabsen (2 menit)

–         Mengkondisikan siswa / operasi (2 menit)

–         Guru menyampaikan materi yang akan diajarkan (1 menit)

  1. Kegiatan Inti (5 menit)

–         Guru dan siswa bertanya jawab tentang manfaat hewan peliharaan dan cara memperlakukan hewan (10 menit)

–         Guru dan siswa mendemonstrasikan cara memelihara hewan (3 menit)

–         Guru memberikan catatan materi palajaran kepada siswa (2 menit)

–         Dibawah bimbingan guru, siswa mengerjakan soal yang diberikan guru (5 menit)

–         Guru menilai hasil latihan siswa sambil mengevaluasi hasil belajar (5 menit)

  1. Kegiatan Akhir (5 menit)

–         Guru memberikan tugas rumah (PR) (3 menit)

–         Guru dan siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar                     ( 2 menit)

  1. V. MEDIA / SUMBER
    1. Gambar kucing
    2. Buku Sains 4 SD, Erlangga
    3. Buku Dunia Sains 2A Kelas 4 Yudistira
  1. VI. PENILAIAN

–         Tertulis : Soal-soal dalam bentuk isian

–         Portopolio : Sikap siswa dalam memperlakukan hewan

Lembar soal

  1. Bagaimana cara merewat kucing !
  2. Sebutkan makanan kucing !

Jawaban

  1. Memandikannya, member makan, merawat bulunya dengan disisir rapi, member tempat tinggal seperti kandang.
  2. Nasi dan lauk pauk, ikan

Soal tindak lanjut

  1. Hewan peliharaan apa saja yang kamu punya di rumah ? Sebutkan!

Mengetahui

Kepala Sekolah SDN …………….                                            Mahasiswa

…………………….. ………………….

NIP. …………………..                                       NIP. ……………………….

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata pelajaran                         : IPS

Kelas / Semester                      : IV Empat / II (Dua)

Hari, Tanggal                            :

Alokasi Waktu                         : 1 x 35 menit

Standar Kompetensi                :    Mengenal perkembangan teknologi transportasi

Kompetensi Dasar                   :    Mengidentifikasi jenis alat transportasi

Indikator                                  :    Jenis-jenis transportasi darat dan laut

  1. I. TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan melalui Tanya jawab siswa dapat mengetahui jenis-jenis transportasi darat, laut dengan benar

  1. II. Materi / Bahan Ajar :

Jenis-jenis transportasi angkutan darat, laut

  1. III. METODE :
  2. Tanya jawab
  3. Diskusi
  4. Latihan soal
  5. IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
  6. Kegiatan awal (5 menit)

–         Berdo’a mengabsen (2 menit)

–         Mengkondisikan siswa (2 menit)

–         Guru menyampaikan materi yang akan disampaikan (1 menit)

  1. Kegiatan Inti (5 menit)

–         Guru dan siswa bertanya jawab tentang jenis-jenis transportasi angkutan darat dan laut (10 menit)

–         Guru memberikan cacatan materi pelajaran kepada siswa (2 menit)

–         Guru memberikan latihan soal kepada siswa (8 menit)

–         Guru menilai hasil latihan siswa sambil mengevaluasi hasil belajar (5 menit).

  1. Kegiatan Akhir (5 menit)

–         Guru memberikan tugas rumah (PR) (3 menit)

–         Guru dan siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar (2 menit)

  1. V. MEDIA / SUMBER
  2. Gambar transportasi
  3. Buku IPS kelas IV, Erlangga
  4. Buku IPS kelas IV B Yudistira
  1. VI. PENILAIAN

–         Jenis penilaian : Essay

–         Bentuk : Jawaban Soal

–         Alat penilaian : Tertulis

Lembar soal

  1. Sebutkan 3 jenis transportasi darat !
  2. Sebutkan 2 jenis transportasi laut !

Jawaban

  1. 1. Mobil Bus

2. Motor

3. Becak

  1. 1. Kapal Laut

2. Sampan

Soal tindak lanjut

  1. Dimana kita bisa  melihat kapal laut !
  2. Selain diterminal kita bisa naik mobil bus dari ….

Mengetahui

Kepala Sekolah SDN …………….                                            Mahasiswa

…………………….. ………………….

NIP. …………………..                                       NIP. ……………………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: