Contoh RPP SD MTK PKN III/I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran             : Matematika

Kelas / Semester          : III / I

Hari, Tanggal                : Rabu, 11 November 2009

ALokasi Waktu            : 1 x 35 menit

Standar Kompetensi     : 2.       Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah

Kompetensi dasar         : 2.2.    Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah

Indikator                      : Mennggunakan meteran kain, meteran ssaku, penggaris untuk mengukur tinggi badan.

  1. I. Tujuan Pembejalaran
    1. Siswa dapat menyebutkan 3 macam alat ukur panjang
    2. Siswa dapat menjelaskan fungsi 3 macam alat ukur panjang
    3. Siswa dapat mengukur suatu benda dengan alat ukur yang sesuai
    4. Siswa dapat menaksir panjang benda dengan satuan panjang cm.
  2. II. Materi / Bahan Ajar

Pengukuran waktu, Panjang, dan Berat

Memilih alat ukur harus sesuai dengan fungsinya

  1. Alat ukur panjang

Beberapa alat ukur antara lain : meteran pita, meteran saku, penggaris. Meteran pita digunakan untuk mengukur panjang kain. Meteran saku digunakan oleh tukang bangunan atau tukang kayu. Penggaris dapat digunakan untuk mengukur panjang sisi buku.

  1. III. Metoda
    1. Ceramah
    2. Tanya jawab
    3. Kerja kelompok
    4. Pemberian tugas
  2. IV. Langkah-langkah Pembelajaran
    1. Kegiatan awal (5 menit)

-         Berdo’a, mengsisi daftar kelas, mempersiapkan materi/alat.

-         Mengarahkan perhatian siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang materi, yang akan dipelajari

-         Memberikan apersepsi dengan mangajukan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari

-         Menyampaikan tujuan pebelajaran

-         Mengerjakan pre tes

  1. Kegiatan Inti (20 menit)

-         Guru memberikan penjelasan singkat tentang pengukuran waktu, panjang dan berat.

-         Melalui Tanya jawab siswa menyebutkan macam-macam alat ukur panjang.

-         Melalui penjelasan guru siswa menjelaskan fungsi dari alat ukur panjang.

-         Melalui kerja kelompok siswa mengukur benda sesuai dengan alat ukurnya.

-         Melalui pemberian tugas siswa mengukur benda-benda kemudian menaksir panjangnya.

-         Guru mengajukan beberapa pertanyaan sekitar materi yang telah diajarkan yang belum dimengerti anak.

-         Siswa bertanya tentang materi yang belum dipahami.

  1. Kegiatan Akhir (10 menit)

-         Membuat kesimpulan dari materi yang telah diajarkan

-         Mengerjakan post tes

-         Memberikan tugas / PR

  1. V. Media / Sumber
    1. Media            : Alat ukur : Meteran pita, meteran saku, penggaris
    2. Sumber          : 1. Buku Matematika untuk SD/MI kelas III

Pengarang : Nur Fajriyah – Defu Triratnawati

Penerbit : Pusat perbukuan (Depdiknas)

2. Buku mari belajar Matematika untuk SD kelas 3

Pengarang : jantar M, Nabfatus S, Sarman, Sugio

Penerbit : GANECA EXACT Bandung

  1. VI. Penilaian
    1. Prosedur                    : Tes awal : dilaksanakan

: Tes proses : dilaksanakan

: Tes akhir : dilaksanakan

  1. Jenis penilaian             : Tulisan
  2. Bentuk tes                  : Obyektif Tes     :     a. Pilihan ganda

b. Isian

Butir Soal

  1. I. Silanglah (x) huruf a, b,  atau c pada jawaban yang  benar !
    1. Yang bukan alat ukur panjang dibawah ini adalah ….

a. Meteran                  b. Penggaris                  c. Timbangan

  1. Yang dapat digunakan untuk mengukur tinggi badan temanmu adalah ….

a. Meteran pita           b. Penggaris                  c. Timbangan

  1. Tukang kayu biasanya menggunakan …. Untuk mengukur balok.

a. Meteran saku          b. Meteran pita             c. Penggaris

  1. Panjang AB    12 cm maka taksiran puluhan terdekat adalah …

A                                                                                           B

a. 10 cm                     b. 15 cm                       c. 20 cm

  1. Panjang lidi adalah 25 cm maka taksiran puluhan terdekat adalah ….

a. 20 cm                     b. 26 cm                       c. 30 cm

  1. II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
    1. Tiga alat untuk mengukur panjang adalah …., …., dan ….
    2. Para penjahit mengukut kain dengan alat ukur …..
    3. Panjang buku tulis dapat diukur dengan ….
    4. Meteran saku dapat digunakan untuk ….

10.  Panjang tali sepatu Romi adalah 16 cm. Jika ditaksir, maka panjang tali sepatu Romi adalah …. Cm.

Kunci jawaban

  1. c
  2. a
  3. a
  4. a
  5. c
  1. Meteran pita, meteran saku, Penggaris
  2. Meteran pita
  3. Penggaris
  4. Mengukur kayu
  5. 20 cm

Kriteria penilaian

  1. Jumlah soal ada 10
  2. Soal untuk no 1 sampai no 5 diberi nilai 10
  3. Soal untuk no 2 sampai no 10 diberi nilai 20
  4. Skor maksimal (5 x 10) + (5 x 20) = 100

3

  1. Nilai Skor perolehan = skor perolehan x 100

Skor maksimal

Mengetahui                                                     …………………………..

Penguji I / II                                                                 Mahasiswa

……………………………… ……………………….

NIP.                                                                             NIM. ………………….


LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran :

Kelas               :

Nama               :

Butir Soal

  1. III. Silanglah (x) huruf a, b,  atau c pada jawaban yang  benar !

11.  Yang bukan alat ukur panjang dibawah ini adalah ….

a. Meteran                  b. Penggaris                  c. Timbangan

12.  Yang dapat digunakan untuk mengukur tinggi badan temanmu adalah ….

a. Meteran pita           b. Penggaris                  c. Timbangan

13.  Tukang kayu biasanya menggunakan …. Untuk mengukur balok.

a. Meteran saku          b. Meteran pita             c. Penggaris

14.  Panjang AB    12 cm maka taksiran puluhan terdekat adalah …

A                                                                                           B

a. 10 cm                     b. 15 cm                       c. 20 cm

15.  Panjang lidi adalah 25 cm maka taksiran puluhan terdekat adalah ….

a. 20 cm                     b. 26 cm                       c. 30 cm

  1. IV. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !

16.  Tiga alat untuk mengukur panjang adalah …., …., dan ….

17.  Para penjahit mengukut kain dengan alat ukur …..

18.  Panjang buku tulis dapat diukur dengan ….

19.  Meteran saku dapat digunakan untuk ….

20.  Panjang tali sepatu Romi adalah 16 cm. Jika ditaksir, maka panjang tali sepatu Romi adalah …. Cm.

LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran :

Kelas               :

Nama               :

Butir Soal

  1. I. Silanglah (x) huruf a, b,  atau c pada jawaban yang  benar !
    1. Yang bukan alat ukur panjang dibawah ini adalah ….

a. Meteran                  b. Penggaris                  c. Timbangan

  1. Yang dapat digunakan untuk mengukur tinggi badan temanmu adalah ….

a. Meteran pita           b. Penggaris                  c. Timbangan

  1. Tukang kayu biasanya menggunakan …. Untuk mengukur balok.

a. Meteran saku          b. Meteran pita             c. Penggaris

  1. Panjang AB    12 cm maka taksiran puluhan terdekat adalah …

A                                                                                           B

a. 10 cm                     b. 15 cm                       c. 20 cm

  1. Panjang lidi adalah 25 cm maka taksiran puluhan terdekat adalah ….

a. 20 cm                     b. 26 cm                       c. 30 cm

  1. II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
    1. Tiga alat untuk mengukur panjang adalah …., …., dan ….
    2. Para penjahit mengukut kain dengan alat ukur …..
    3. Panjang buku tulis dapat diukur dengan ….
    4. Meteran saku dapat digunakan untuk ….

10.  Panjang tali sepatu Romi adalah 16 cm. Jika ditaksir, maka panjang tali sepatu Romi adalah …. cm.

LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran :

Kelas                :

Nama               :

Butir Soal

  1. I. Silanglah (x) huruf a, b,  atau c pada jawaban yang  benar !
    1. Rakyat Indonesia mulai memilih untuk bersatu melawan penjajah adalah pada tahun ….

a. 1908                                   b. 1948                         c. 1928

  1. Jong Islamemed Bond adalah kumpulan Pemuda ….

a. dari Sumatra                        b. Islam                        c. dari Jawa

  1. kongres Pemuda I dilaksanakan pada ….

a. 30 April – 02 Mei 1926        b. 30 Apr 1926 c. 2 Mei 1926

  1. Kongres Pemuda I dilaksanakan di ….

a. Bekasi                                b. Jawa Barat               c. Jakarta

  1. Hasil dari gagasan kongres Pemuda I adalah ….
    1. Persatuan dalam perjuangan untuk Indonesia meredeka
    2. Berjuang sendiri-sendiri
    3. Berjuang masing-masing
  1. II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
    1. Sumpah yang dilaksanakan pada tahun 1926 adalah …
    2. Sumpah Pemuda dilaksanakan pada tanggal …. di ….
    3. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bangsa yang satu bangsa …. Kami putra dan putri Indonesia mengaku …. yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa … bahasa Indonesia.
    4. Dengan Sumpah Pemuda perjuangan bangsa Indonesia tidak lagi bersifat …..
    5. Kongres Pemuda II dikenal dengan nama ….

LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran :

Kelas                :

Nama               :

Butir Soal

  1. III. Silanglah (x) huruf a, b,  atau c pada jawaban yang  benar !
    1. Rakyat Indonesia mulai memilih untuk bersatu melawan penjajah adalah pada tahun ….

a. 1908                                   b. 1948                         c. 1928

  1. Jong Islamemed Bond adalah kumpulan Pemuda ….

a. dari Sumatra                        b. Islam                        c. dari Jawa

  1. kongres Pemuda I dilaksanakan pada ….

a. 30 April – 02 Mei 1926        b. 30 Apr 1926 c. 2 Mei 1926

  1. Kongres Pemuda I dilaksanakan di ….

a. Bekasi                                b. Jawa Barat               c. Jakarta

  1. Hasil dari gagasan kongres Pemuda I adalah ….
    1. Persatuan dalam perjuangan untuk Indonesia meredeka
    2. Berjuang sendiri-sendiri
    3. Berjuang masing-masing
  1. IV. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
    1. Sumpah yang dilaksanakan pada tahun 1926 adalah …
    2. Sumpah Pemuda dilaksanakan pada tanggal …. di ….
    3. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bangsa yang satu bangsa …. Kami putra dan putri Indonesia mengaku …. yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa … bahasa Indonesia.
    4. Dengan Sumpah Pemuda perjuangan bangsa Indonesia tidak lagi bersifat …..
    5. Kongres Pemuda II dikenal dengan nama ….

LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran :

Kelas               :

Nama               :

Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !

  1. Saudara kita datang dari kampung dan akan bermalam, maka kita harus melaporkan kedatangannya kepada ….
  2. Apabila kita mau masuk ke rumah orang, maka kita harus ….
  3. Mengambil hak orang lain berarti telah melanggar ….
  4. dengan melaksanakan aturan yang berlaku dimasyarakat maka akan tercipta ….
  5. Semua aturan yang berlaku harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh…..

LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran :

Kelas               :

Nama               :

BUTIR SOAL

Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !

  1. Saudara kita datang dari kampung dan akan bermalam, maka kita harus melaporkan kedatangannya kepada ….
  2. Apabila kita mau masuk ke rumah orang, maka kita harus ….
  3. Mengambil hak orang lain berarti telah melanggar ….
  4. dengan melaksanakan aturan yang berlaku dimasyarakat maka akan tercipta ….
  5. Semua aturan yang berlaku harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh…..

LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran :

Kelas               :

Nama               :

Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !

  1. Saudara kita datang dari kampung dan akan bermalam, maka kita harus melaporkan kedatangannya kepada ….
  2. Apabila kita mau masuk ke rumah orang, maka kita harus ….
  3. Mengambil hak orang lain berarti telah melanggar ….
  4. dengan melaksanakan aturan yang berlaku dimasyarakat maka akan tercipta ….
  5. Semua aturan yang berlaku harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh…..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran             : PKn

Kelas / Semester          : III / I

Hari, Tanggal                :

ALokasi Waktu            : 1 x 35 menit

Standar Kompetensi     : 1.       Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

Kompetensi dasar         : 1.1.    Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa

Indikator                      : Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan.

  1. I. Tujuan Pembejalaran
    1. Siswa dapat menyebutkan waktu Indonesia mulai memiliki kesadaran untuk melawan penjajah
    2. Siswa dapat menyebutkan 3 perkumpulan pemuda yang ada di wilayah Indonesia
    3. Siswa dapat menyebutkan tanggal dan tempat Kongres pemuda I dilaksanakan.
    4. Siswa dapat menjelaskan gagasan Kongres Pemuda I
    5. Siswa dapat menyebutkan waktu dan tempat Sumpah Pemuda.
    6. Siswa dapat menjelaskan isi dari Sumpah Pemuda.
    7. Siswa dapat menjelaskan hasil yang dicapai dari sumpah pemuda.
    8. II. Materi / Bahan

Sumpah Pemuda

Pada tahun 1908 rakyat Indonesia mulai memiliki kesadaran untuk bersatu melawan penjajah. Para pemuda diwilayah Indonesia mulai membentuk perkumpulan yaitu jong batak (Perkumpulan Pemuda Batak) Jong Java, Jong Sumatranen Bord, Jong Ambon, Jong kalimantan Bond, Jong Minahasa, Jong Cilebes. Organisasi yang terbentuk masih bersifat kedaerahan. Namun pada 30 April 2 mei 1926 para Pemuda mengadakan Kongres pemuda I di Jakarta. Kongres Pemuda I menghasilkan gagasan persatuan dalam perjuangan untuk Indonesia meredeka. Pada 28 oktober 1928 dilaksanakan Kongres Pemuda II di Jakarta. Kongres Pemuda II menghasilkan ikrar yang disebut Sumpah Pemuda. Isinya adalah : Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia. Pada saat Kongres Pemuda II lagu Indonesia Raya diciptakan WR Supratman dinyanyikan dan Bendera Merah Putih ditetapkan sebagai Bendera kebangsaan Indonesia. Dengan sumpah pemuda perjuangan rakyat Indonesia tidak lagi bersifat kemerdekaan tetapi sudah menjadi kesatuan yang utuh dan kuat, sehingga dalam waktu singkat bangsa Indonesia berhasil mengusir penjajah puncaknya pada 17 Agustus 1945.

  1. III. Langkah-langkah Pembelajaran
    1. Kegiatan Awal (10 menit)

-         Berdoa, mengabsen anak mempersiapkan materi dan alat

-         Memberikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang materi yanga kan dipelajari

-         Menyampaikan tujuan pembelajaran

-         Memberikan post tes (tes awal)

  1. Kegiatan inti

-         Guru memberikan penjelasan singkat tentang peristiwa Sumpah Pemuda

-         Melatih Tanya jawab siswa menyebutkan waktu bangsa Indonesia mulai memilih kesadaran melawan penjajah.

-         Melalaui penjelasan guru siswa menyebutkan perkumpulan pemuda daerah di awilayah Indonesia.

-         Melalui Tanya jawab siswa menyebutkan waktu dan tempat Kongres Pemuda I dilaksanakan

-         Melalui penjelasan guru siswa menyebutkan isi dari Supah Pemuda.

-         Melalui penjelasan guru siswa menjelaskan hasil yang dicapai.

-         Guru dan siswa bertanya jawab sekitar materi yang sudah dipelajari dan belum dimengerti anak.

  1. Kegiatan Akhir (10 menit)

-         Siswa mengerjakan post tes (tes akhir)

-         Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari

-         Guru memberikan tugas / PR

  1. IV. Media / Sumber
    1. Media :           -   Gambar-gambar yang berhubungan dengan Sumpah Pemuda

-   Naskah Sumpah Pemuda

  1. Sumber :         -   Buku Pendidikan Kewarganegaraan

“Menjadi warga Negara yang baik”

Untuk kelas III SD/MI

Karangan : Prayaga Bastari, Ali Sumiarti

Penerbit : Pusat Pembukuan (Depdiknas)

  1. V. Penilaian
    1. Prosedur                  : Tes awal : dilaksanakan

: Tes proses : dilaksanakan

: Tes akhir : dilaksanakan

  1. Jenis penilaian           : Tulisan
  2. Bentuk tes                : Obyektif Tes :       a. Pilihan ganda

b. Isian

Mengetahui                                                     …………………………..

Penguji I / II                                                                 Mahasiswa

……………………………… ……………………….

NIP.                                                                             NIM. ………………….

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran             : PKn

Kelas / Semester          : III / I

Hari, Tanggal                :

ALokasi Waktu            : 1 x 35 menit

Standar Kompetensi     : 2.       Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat

Kompetensi dasar         : 2.1.    Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar

Indikator                      : Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

  1. I. Tujuan Pembejalaran
    1. Siswa dapat meyebutkan contoh pembuatan melaksanakan peraturan yang berlaku di masyarakat.
    2. Siswa dapat menyebutkan contoh perbuatan yang melanggar peraturan yang berlaku di masyarakat.
    3. Siswa dapat menjelaskan akibat yang ditimbulkan jika tidak melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.
    4. Siswa dapat menjelaskan keuntungan yang didapat jika melaksankan aturan yang berlaku di masyarakat dengan baik.
    5. siswa dapat bermain peran melaksanakan aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
  1. II. Materi / Bahan Ajar

“Melaksanakan aturan di masyarakat”

Melaksanakan aturan yang telah ditetapkan merupakan kewajiban semua warga. Contoh melaksanakan aturan di masyarakat adalah apabila pindah tempat tinggal harus segera melapork ke RT setempat. Ketika mau masuk ke rumah orang harus ketuk pintu dan berbicara dengan ramah. Saling bersilaturahmi untuk menjaga kerukunan, bekerja sama, tolong menolong, saling menghormati antara umat beragamacontoh perbuatan yang melanggar peraturan di masyarakat misalnya : mengambil barang milik orang lain, tidap melaporkan tamu yang tinggal di rumah kepada ketua Rt, atau membuang sampah tidak pada tempatnya. Akibat tidak melaksanakan peraturan maka ketertiban, keamanan dan kenyamanan warga tidak terjaga dengan baik. Sebaliknya apabila semua warga melaksanakan aturan yang telah ditetepkan maka ketertiban keamanan dan kenyamanan warga akan terjaga dengan baik.

  1. III. Metode
    1. Ceramah
    2. Tanya jawab
    3. Bermain peran
    4. IV. Langkah-langkah pembelajaran
      1. 1. Kegiatan Awal (7 menit)

-         Berdo’a, mengisi daftar kelas, mempersiapkan materi/alat

-         Mengadakan pree test (tes awal)

-         Memberikan apersepsi

-         Menyampaikan tujuan pembelajaran

  1. 2. Kegiatan inti (20 menit)

-         Guru memberikan penjelasan singkat tentang melaksanakan aturan di masyarakat.

-         Melalui Tanya jawab anak menyebutkan perbuatan melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat

-         Melalui Tanya jawab anak menyebutkan perbuatan yang melanggar aturan yang berlaku di masyarakat.

-         Melalui penjelasan guru anak menjelaskan akibat tidak melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat

-         Melalui penjelasan guru anak menjelaskan keuntungan melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.

-         Melalui bermain aturan peran anak melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.

  1. 3. Kegiatan Akhir (8 menit)

-         Anak mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi yang belum dipahami

-         Guru dan anak menyimpulkan materi pelajaran

-         Guru memberikan post tes

-         Guru memberikan tugas / PR

  1. V. Media / Sumber
    1. Media      :     Gambar-gambar yang berhubungan dengan aturan yang berlaku di masyarakat.
    2. Sumber   :     Buku PKn Kelas I (menjadi warga Negara yang baik) untuk kls III SD / MI

Karangan     : Prayoga Bestari

Ati Sumiati

Penerbit        : Pusat Perbukuan (Depdiknas)

  1. VI. Penilaian
    1. Prosedur                : Tes awal         : dilaksanakan

: Tes proses      : dilaksanakan

: Tes akhir        : dilaksanakan

  1. Jenis penilaian         : Tulisan

Perbuatan

  1. Bentuk tes              : Obyektif Tes :       Isian

Non Obyektif test


Butir Soal

Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !

  1. Saudara kita datang dari kampung dan akan bermalam, maka kita harus melaporkan kedatangannya kepada ….
  2. Apabila kita mau masuk ke rumah orang, maka kita harus ….
  3. Mengambil hak orang lain berarti telah melanggar ….
  4. dengan melaksanakan aturan yang berlaku dimasyarakat maka akan tercipta ….
  5. Semua aturan yang berlaku harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh…..

Kunci Jawaban

  1. RT
  2. Mengetuk pintu
  3. Aturan
  4. Ketertiban, keamanan dan kenyamanan warga
  5. Tanggung jawab

Kriteria Penilaian

  1. Jumlah soal ada lima
  2. Soal no 1 s/d no 5 diberi nilai 20
  3. Skor maksimal 5 x 20 = 100
  4. Nilai Skor perolehan = Skor Perolehan x 100

Skor maksimal

Mengetahui   …………………………..

Penguji I / II                                                                 Mahasiswa

……………………………… ……………………….

NIP.                                                                             NIM. ………………….

About these ads

1 Komentar »

  1. elisagede Said:

    saya suka sekali dan byk terbantu dengan masuk website ini, terima kasih


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: