contoh RPP (1) MATEMATIKA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK (RPPT)

SATUAN PENDIDIKAN       : SEKOLAH DASAR

PELAJARAN / TEMA            : B. INDONESIA, IPA, MATEMATIKA / DIRI SENDIRI

KELAS / SEMESTER : I (Satu) / I (Satu)

ALOKASI / WAKTU             : 2 x 35 menit (1 x Pertemuan)

Standar Kompetensi

  • Memahami bumi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
  • Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya  serta cara perawatannya
  • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.

Kompetensi Dasar

  • Membedakan berbagai bunyi bahasa
  • Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
  • Membilang banyak benda.

Indikator

  • Membedakan dan menirukan bunyi bahasa atau suara tertentu.
  • Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
  • Membilang atau menghitung secara urut

I. Tunjuan pembelajaran

  • Siswa dapat membedakan dan menirukan bunyi bahasa atau suara tertentu.
  • Siswa dapat menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
  • Siswa dapat membilang dan menghitung secara urut

II. Materi Ajar/pokok

  • Bunyi bahasa
  • Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatannya.
  • Membilang banyak benda.

III. Metode pembelajaran

  • Ceramah
  • Tanya jawab.
  • Pemberian tindak lanjut

IV. Langkah-langkah pembelajaran

I. Kegiatan awal : (5 menit)

  • Menciptakan sikap dan suasana kelas yang menyenangkan
  • Memeriksa kehadiran siswa
  • Menciptakan kesiapan belajar siswa (Readinees)
  • Menimbulakan motivasi dan perhatian siswa pada pembelajaran
  • Memberi acuan
  • Membuat kaitan (apersepsi)

2.  Kegiatan inti : (55 menit)

  • Siswa menyanyikan lagu dua mata saya.
  • Guru menjelaskan bunyi dan  suara sesuai gambar
  • Guru memberikan contoh menyuarakan bunyi sesuai gambar
  • Siswa menirukan bunyi atau suara yang disuarakan guru berdasarkan gambar
  • Guru menjelaskan cara merawat anggota tubuh.
  • Guru menunjukan bagian-bagian tubuh berdasarkan gamabar.
  • Guru menunjukan alat peraga berupa gambar benda-benda dengan jumlah

berbeda dan menjelaskan banyak masing-masing benda

  • Siswa mengerjakan tugas yaitu ; membilang banyak benda sampai 20

3. Kegiatan akhir : (10 menit)

  • Guru mengulas kembali materi yang telah disampaikan.
  • Guru memberikan kesimpulan dari berbagai materi yang telah disampaikan.
  • Memberi tugas/ PR

V.  Sarana (alat/bahan) dan sumber belajar :

1. Alat

  • Kartu huruf
  • Kartu bilangan
  • Gambar anggota tubuh

2.  Sumber

  • Buku Bina Pandai Bahasa Indonesia SD Kelas I, penerbit Erlangga
  • Buku Sains SD kelas I,  Penerbit Erlangga
  • Buku Matematika SD Kelas I, Penerbit Erlangga.

VI. Evaluasi / Penilaian

  1. Jenis                             : Test  tertulis
  2. Bentuk                         : Objektif (isian)
  3. Alat / instrument            : Terlampir
  4. Kunci jawaban             : Terlampir
  5. Kriteria Penilaian          :

- Isian                           : 10 soal (scor setiap soal bernilai 10)

Scor Penilaian x 100 = ………..

Scor Maksimal

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !

Bahasa Indonesia

1.  Suara ayam jantan / betina adalah …

2.  Suara kucing adalah …

3.  Suara bebek adalah …

4.  Suara  burung pipit adalah ….

5.  Suara anjing adalah …

IPA

1. Mata berguna untuk …

2. Hidung berguna untuk …

3. Mulut berguna untuk …

4. Telinga berguna untuk …

5. Tangan berguna untuk …

6. Cara merawat gigi yaitu dengan  …

7. Cara merawat kuku tangan dan kaki adalah dengan …

8. Cara merawat telingan yaitu dengan …

9. Cara merawat rambut yaitu dengan ….

10. Cara merawat tangan dan kaki yaitu dengan ….

Matematika

1.                                     Ada berapa gambar kotak di samping …

2.                                     Ada berapa gambar segitiga di samping …

3.                                       Ada berapa gambar lingkaran disamping …

4.                                       Ada berapa gambar bintang disamping ….

5.                                       Ada  berapa gambar  laying-layang  disamping ….

Kunci Jawaban

Bahasa Indonesia

  1. kuku ruyuk
  2. meong
  3. wek-wek
  4. cuit-cuit
  5. guk-guk

IPA

  1. Melihat
  2. Mencium
  3. Berbicara
  4. Mendengar
  5. Memegang
  6. Menggosok gigi
  7. Dibersihkan
  8. Dibersihkan
  9. Keramas

10.  Dicuci

Matematika

  1. 5 Kotak
  2. 8 Segitiga
  3. 10 Lingkaran
  4. 15 Bintang
  5. 20 Layang-layang

Menyetujui                                                                          …….., ……………………

Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas

……………………..                                                                  …………………………

NIP.                                                                                           NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

Mata Pelajaran            : Matematika

Kelas / Semester         : II (Dua) / I (Satu)

Hari / Tanggal : Selasa, 28  Juli 2008

Waktu                         : 1 x Pertemuan (2×35 menit)

I. Standar Kompetensi :

  • Menggunakan pengukuran waktu panjang dan berat dalam pemecahan masalah

II. Kompetensi Dasar :

  • Menggunakan alat ukur berat

III. Indikator  :

  • Mengukur berat benda dengan satuan baku
  • Membandingkan berat benda

IV. Tunjuan pembelajaran :

  • Siswa dapat membandingkan berat benda.
  • Siswa dapat mengukur berat benda  dengan timbangan sederhana

V.  Materi Pokok :

  • Satuan pengukuran

VI. Metode pembelajaran :

  • Ceramah.
  • Tanya jawab.
  • Pemberian Tugas

VII. Langkah-langkah pembelajaran

I.   Kegiatan awal : (15 menit)

  • Berdo’a , Mengisi daftar kelas.
  • Memperingatkan cara duduk yang baik.
  • Apersepsi

2.  Kegiatan inti : (40 menit)

  • Melalui penjelasan guru di harapkan siswa dapat membandingkan berat benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, dan sama berat.
  • Diharapkan siswa dapat memperagakan cara menimbang.

3. Kegiatan akhir : (15 menit)

  • Membuat kesimpulan dari materi yang disampaikan
  • Memberi tugas /PR

VIII. Sarana (alat/bahan) dan sumber belajar :

1. Alat

  • Timbangan
  • Lingkungan sekitar

2. Sumber

  • Buku paket  matematika kelas 2

IX.  Evaluasi / Penilaan :

a. Jenis test                       : tertulis

b. Bentuk test                   : Jawaban singkat

c. Alat test                        : soal

Instrumen

Jawablah pertanyan dibawah ini dengan benar !

  1. Manakah  yang lebih berat antara buah semangka dan buah jeruk ?
  2. Manakah yang lebih ringan buah tomat atau nanas ?
  3. Benda manakah yang lebih berat kursi dan meja ?
  4. Benda manakah yang lebih ringan antara pensil  dan buku ?
  5. Benda manakah yang lebih berat antara lemari dan meja ?

Kunci Jawan

  1. Semangka
  2. Tomat
  3. Meja
  4. Pensil
  5. Lemari

X.  Kriteria Penilaian

Setiap jawaban yang benar nilainya 2 (dua)

Nilai akhir (NA) = Jumlah jawaban benar X 2 (dua)

1 (satu)

Menyetujui                                                                          …….., ……………………

Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas

……………………..                                                                  …………………………

NIP.                                                                                           NIP.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: